Mengenai Teori Big Bang

     Big bang merupakan sebuah peristiwa yang menyebabkan pembentukan alam semesta berdasarkan ilmu astronomi ,filosofi , dan agama mengenai bentuk awal dan pengembangan alam semesta . teori ini juga dikenal dengan Ledakan dahsyat atau Dentuman besar.


Peristiwa Big bang :
Dalam teori ini menyatakan bahwa alam semesta, awalnya terbentuk dari ledakan yang sangat besar yang terjadi sekitar 13,7 milyar tahun lalu. pada saat terjadi ledakan terdapat material yang menyebar terdiri atas partikel seperti neutron , proton dan elektron dan partikel inti yang sangat kecil , sehingga diperkirakan suhu mencapai 70 kali suhu matahari dan  perlu 500.000 tahun untuk mendinginkan suhu elektron juga inti sampai cukup untuk membentuk atom.pada akhirnya material tersebut bersatu membentuk planet , satelit , debu kosmik , asteroid , meteor , dll.

Sejarah dan perkembangannya :
Pada tahun 1912 , dilakukan pengukuran pada nebula spiral(nama lain dari galaksi spiral "yang berganti" )  untuk pertama kalinya dengan menggunakan efek Doppier oleh Vestor sliper. kemudia munculah para ahli untuk melakukan penelitian tentang alam semesta.

      Nebula tersebut makin memadat dengan suhu jutaan derajat celcius . Nebula dan awan hidrpgen inilah pembentuk bintang bintang yang nantinya berkumpul membentuk kelompok yang disebut Galaksi. diataranya Galaksi Bima sakti , Galaksi Andromeda , Galaksi Triangulum. dari galaksi ini yang melahirkan milyaran tata surya  dan salah satunya Bumi tempat makhluk hidup tinggal. 






Sebelumnya telah dijelaskan dalam Al Qur'an :
"Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya." (QS az-Zariyat /51:47)

"Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" (QS. Al Anbiya Ayat 30)


     pada tahun 1927 orang yang pertama kali memperkenalkan teori ini adalah Georges Lemaître, seorang biarawan Roma Belgia, ia menyebutnya sebagai hipotesis atom purba. yang menunjukkan bahwa semua benda di alam semesta pada awalnya satu wujud, dan kemudian terpisah-pisah. dan diartikan bahwa keseluruhan materi diciptakan melalui Big Bang atau ledakan raksasa dari satu titik tunggal, juga membentuk alam semesta yang sekarang dengan cara pemisahan satu dengan yang lain.

    Pada tahun 1948, Gerge Gamov muncul dengan gagasan lain tentang Big Bang. Ia mengatakan bahwa jika alam semesta terbentuk melalui ledakan raksasa, maka sisa radiasi yang ditinggalkan oleh ledakan itu haruslah ada di alam. Selain itu, radiasi itu juga harus tersebar merata di semua penjuru alam semesta.


Pada tahun 1965 ,dua orang peneliti Arno Penzias dan Robert Wilson membuktikan dan menemukan gelombang radiasi tersebut yang dikenal dgn " radiasi dasar gelombang mikrokosmik" dan memiliki perbedaan dengan radiasi yang biasa dikenal diluar angkasa.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer