Mengenal Tata Surya

     Tata surya merupakan bagian di alam semesta yang sangat luas.Tata surya adalah sebuah kumpulan benda benda di ruang angkasa yang tertata sedemikian rupa dengan Matahari sebagai pusatnya.
 
umumnya, Benda benda atau objek di ruang angkasa ini senantiasa mengelilingi matahari dan terikat kepada matahari karena gravitasinya selama berjuta tahun masing-masing berjalan sesuai dalam keserasian yang teratur. Selain itu sejumlah komet juga bergerak sepanjang garis edar yang sudah ditetapkan oleh Allah Swt.

      Didalamnya ada 8 buah planet yang telah diketahui , 165 bulan , tiga planet kerdil yang sekarang sudah diidentifikasikan ( Ceres, Eris, dan Pluto ) keempat bulannya yang diketahui , serta jutaan benda benda kecil seperti asteroid - asteroid , obyek sabuk kuiper , komet , meteorid , dan debu debu antar planet.


Terdapat hadist Allah yang menjelaskan tentang alam semesta dan tata surya : 
“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” (QS. Al Anbiya:33) 
“Dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” (QS. YaSiin: 38)
“Dan telah Kami tetapkan tempat peredaran bagi bulan, sehingga (setelah dia sampai ke tempat peredaran yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua.” 
(QS. YaSiin: 39)
“Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.” (QS. YaSiin: 40) 

      Dalam istilah asing sistem tata surya terdiri Matahari , empat planet terdekat dibagian dalam , sebuah sabuk asteroid yang terdiri dari benda berkarang , empat gas raksasa planet terluar , dan sabuk kedua yang disebut sabuk kuiper, komposisisnya merupakan obyek yang ber es. diluar sabuk kuiper terdapat hamburan cakram , heliopaus , dan yang terluar awan Oort. 
       Secara berurutan menurut jarak dari Matahari , 8 planet : 
1.Merkurius
2.Venus
3.Bumi 
4.Mars
5.Yupiter
6.Saturnus
7.Uranus
8.Neptunus.
Enam diantara delapan planet dikelilingi oleh satelit alam ,yang biasanya disebut "Bulan" dan setiap planet terluar dilingkari oleh cincin planet dari debu dan partikel lainnya.

       Semua planet kecuali Bumi dinamai dengan nama dewa-dewi dari mitologi Yunani-Romawi. tiga planet kerdil yaitu Pluto ( yang terbesar yang diketahui obyek sabuk Kuiper) , Ceres ( obyek asteroid terbesar ) , dan Eris (yang terbentang dalam hamburan cakram).

Komentar

  1. Bagoess ๐Ÿ‘ , ditambah lagi yaa artikelnya

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah dengan iptek kita bisa mengetahui akan dunia tata surya yg ada di Alam semesta raya ini...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer